Membangun Regulasi Diri Dalam Belajar Bersama BIMAWA UAD
Diadakannya webinar “Membangun Regulasi Diri Dalam Belajar” merupakan output dari terlaksananya kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Lanjut oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan webinar yang dihadiri oleh 85 peserta, 2 pemateri, dan Kepala Biro Alumni dan Kemahasiswaan Universitas Ahmad Dahlan telah terlaksana pada hari Minggu, 11/04 oleh kelompok E dengan mitra yang terlibat dari Universitas Ahmad Dahlan, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, dan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta.
Webinar ini bertujuan untuk membantu meningkatkan semangat belajar terutama di masa pandemi, meningkatkan kemampuan manajemen waktu dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari, serta meluruskan persepsi negatif di masyarakat tentang belajar itu sulit.
Dijelaskan Choirul Fajri, S.H., M.H. selaku Kepala Biro Alumni dan Kemahasiswaan Universitas Ahmad Dahlan, pentingnya memiliki regulasi diri yang baik terutama di tengah masa pandemi. “Kita harus mempunyai self regulation yang baik untuk bisa tetap fokus, tetap konsentrasi terhadap proses belajar agar kegiatan belajar tetap efektif,” kata Choirul Fajri saat menyampaikan sambutan dan membuka acara.
Kegiatan webinar ini dibawakan oleh Salsabila Indah Suci (UAD) dan dimoderatori oleh Ryan Hadi Saputra (IkesT Muhammadiyah Palembang) dengan pemateri yang merupakan dosen dan salah satu peserta LKMM Tingkat Lanjut dari Universitas Ahmad Dahlan, yaitu Bapak Suyitno, M.Pd. dan Dinda Velita Bela yang sama-sama menguraikan materi mengenai belajar dengan regulasi diri (self regulated learning).
Pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Suyitno, M.Pd. selaku pemateri 1 (satu) dalam kegiatan webinar ini menyampaikan Self Regulated Learning yang diutarakan oleh Albert Bandura. Dimana dalam teori Self Regulated Learning (Bandura) terdapat Social Learning Theory bahwa perilaku manusia dipengaruhi oleh faktor eksternal berupa lingkungan sosial. “Bila kamu mau SUKSES, ya TIRULAH pola yang dilakukan orang sukses” adalah sebuah pesan yang sangat positif bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena If what we see is what we become.
Proses dan strategi Self Regulated Learning juga penting. Sebelum memilih strategi Self Regulated Learning, haruslah mengenal diri sendiri lebih mendalam supaya mengetahui mana stategi yang tepat yang dapat diterapkan. Tentu dalam menerapkan Self Regulated Learning tidaklah instan dan memerlukan proses yang bertahap.
Pada akhir kegiatan webinar ini terdapat sesi tanya jawab antar pemateri dan peserta yang pertanyaannya dapat disampaikan oleh para peserta webinar dalam kolom chat Zoom Meeting. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta berkaitan dengan materi dijawab langsung oleh Bapak Suyitno, M.Pd. selaku pemateri 1 (satu) dan Dinda Velita Bela selaku pemateri 2(dua).