Bimawa UAD Selenggarakan Seminar Job Training dalam UAD Fair
Rabu, 20 Juli 2022, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Seminar Job Training dalam rangkaian UAD Fair 2022 yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube UAD. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan alumni UAD di ruang Amphitarium kampus 4 UAD. Sesi seminar job training diisi oleh Dian P Sofiansyah, seorang Supervisor HRD & GA Bank Madina Syariah.
Acara seminar ini dibuka dengan sambutan oleh Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A. selaku Kepala Biro kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan menyampaikan bahwa kesuksesan yang menjadi impian bagi Universitas Ahmad Dahlan adalah sukses rahmatan lil alamin. Kita adalah rahmat bagi seluruh alam yang telah dibekali cipta rasa dan karya yang harus dioptimalkan dengan segenap potensi kita guna menjemput mimpi-mimpi dan takdir karena karena dari lahir sampai sekarang kita berproses untuk kemudian membangun kepercayaan diri dimulai dari membangun identitas, citra dan reputasi kita melalui berbagai interaksi sosial yang kita jalankan.
“Secara akademis mahasiswa Yogyakarta tidak kalah dengan mahasiswa di luar jogja. Hal yang tidak dimiliki oleh mahasiswa atau alumni dari yogya adalah kepercayaan diri,” lanjut Choirul.
Dian P Sofiansyah selaku pemateri dari Supervisor HRD & GA Bank Madina Syariah menyampaikan terdapat tiga kunci dasar yang harus dimiliki oleh seorang job seekers yaitu softskill, attraction, dan confidence. Softskill merupakan kemampuan dari dalam dirinya untuk mempengaruhi orang. Attraction adalah kemampuan visual dan non visual yang bisa membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Confidence adalah kepercayaan terhadap kemampuan yang dimiliki. Terdapat langkah yang harus dilakukan sebelum mengirimkan surat lamaran pekerjaan yaitu pilih profesi pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat, memilih perusahaan yang cukup terpercaya serta memiliki citra yang baik di masyarakat, buat surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar, buat cv dengan sangat menarik dan informatif, pilih foto profil yang profesional, perbaiki profil media sosial anda.
“terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan ketika sesi interview yaitu bangun lebih awal, datang tepat waktu, bersikap santun dan hormat, berlatih untuk tenang, berpenampilan rapi, sopan, dan menarik, eye contact dengan pewawancaranya, gunakan bahasa yang baik pada saat menjawab pertanyaan, dan hindari gestur tubuh yang berlebihan,” Ungkap Dian.