BIMAWA UAD Mengadakan Seminar Digital Marketing
Ahad, 29 Januari 2023, Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Pusat Aisyiyah melaksanakan Seminar Digital marketing dengan tema Creative Content and Digital Marketing for Saudagar Dahlan Muda. Kegiatan seminar dilaksanakan secara luring di ruang Amphitarium Kampus 4 UAD. Narasumber dalam seminar digital marketing ini diantaranya yaitu Suryana Hendrawan, S.E., MBA selaku Dosen Program Studi Manajemen UAD dan Faizah, S.Kom., M.Kom., dari MEK PP Aisyiyah. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa UAD yang hadir secara luring.
Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A. selaku Kepala Biro kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan sekaligus ketua pelaksana menyampaikan bahwa Biro Kemahasiswaan dan Alumni terus berkomitmen untuk melakukan pembinaan kewirausahaan yang menumbuhkan jiwa entrepreneur pada para mahasiswa. Salah satu bentuk realisasinya adalah melalui program bisnis plan yang dilaksanakan dengan memberikan bantuan pendanaan terkait dengan proposal-proposal kewirausahaan. Kemudian BIMAWA juga melakukan program-program pembinaan dan pendampingan, yang goals nya adalah menciptakan wirausaha-wirausaha muda atau saudagar Dahlan muda.
“Mahasiswa telah memiliki satu passion di bidang kewirausahaan dan memiliki skills yang kemudian harus ditingkatkan dan dikembangkan hingga lulus dari Universitas Ahmad Dahlan,” Ungkap Choirul Fajri.
Utik Bidayati, S.E., M.M. selaku Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat Aisyiyah menyampaikan, bahwa memanfaatkan untuk mengembangkan aktivitas ekonomi sudah tidak menjadi hal yang baru. Saat ini perkembangan ekonomi sangat tersupport dengan cepat bahkan terakselerasi khususnya dalam dua tiga tahun belakangan ini dari kondisi pandemi semua orang dipaksa terpaksa untuk bisa menyesuaikan diri salah satunya bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan marketing atau mengembangkan bisnis dalam konteks marketing.
“Muhammadiyah awalnya dibangun dari perkumpulan beberapa saudagar yang cukup kuat membangun organisasi ini sehingga bisa berkembang sampai saat ini. Kita menggelorakan serta memunculkan lagi semangat untuk menjadi wirausaha, satu diantaranya bagaimana kita bisa memahami perkembangan teknologi ini untuk menguatkan kemampuan kita berwirausaha sehingga dapat kembali lagi,” ungkap Utik.
Acara seminar digital marketing ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD. Ia menyampaikan bahwa teknologi setiap zaman semakin cepat berubah. Sebagus apapun fasilitas yang kita miliki tidak selalu linier dengan produktivitas kita.
“Sejak hari ini perlu disadari bahwa kita harus mampu beradaptasi dengan teknologi secara cepat karena tadi dari daerah industri yang pertama sampai era industri yang keempat dapat kita lihat teman-teman semuanya, itu perubahannya semakin ke sini semakin cepat,” ungkap Gatot lagi.
Materi pertama disampaikan oleh Faizah, S.Kom., M.Kom. Ia menjelaskan mengenai konten kreatif merupakan suatu bentuk marketing yang memanfaatkan kreativitas untuk mendapatkan perhatian dan respon konsumen. Terdapat tiga unsur penting dalam suatu konten kreatif yaitu any type of media, new and valuable, dan to someone. Konten yang kreatif adalah konten yang mampu menawarkan sesuatu yang baru dan bernilai. Branding adalah aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah brand.
Narasumber kedua yaitu Suryana Hendrawan, S.E., MBA. Ia menyampaikan bahwa konsep awal digital marketing sama dengan pemasaran konvensional. Inti utama digital marketing yaitu traffic, conversion, dan relationship. Traffic berisi atas organic traffic, paid marketing, own traffic, dan affiliate marketing. Hal yang harus dilakukan dalam organic traffic yaitu rajin dalam membuat konten, konsisten dalam mengembangkan konten, engagement, algoritma, dan sabar.
Kegiatan seminar digital marketing ini diikuti dengan sangat baik oleh peserta yang hadir tentunya dengan semangat yang luar biasa tinggi. Harapannya mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk hal-hal yang produktif. Salah satunya seperti pemanfaatan teknologi dalam wirausaha mahasiswa dengan menghasilkan konten-konten yang kreatif untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan.
Penulis: Diksi Pradipta
Editor: Atik Widyaningrum